Tipe orang yang cenderung berselingkuh, menurut penelitian

(Credits)

Mengetahui pasanganmu berselingkuh merupakan hal yang mengerikan. Kamu merasa seperti jantungmu direnggut dan diinjak. Kamu merasa seperti hubunganmu sekarang kotor dan telah ternodai oleh satu kejadian yang sembrono dan bodoh. Jadi mengapa tidak menyelamatkan diri dari sakit hati sejak awal dengan tidak mengencani seorang penipu? Nah, tampaknya, para ilmuwan telah mengajukan pertanyaan yang sama. Melalui penelitian, mereka telah berhasil menyimpulkan jenis orang seperti apa yang paling mungkin untuk melakukan penyimpangan.

 

01_original1392806271

(Credits)

Apakah penggemar sosial media lebih cenderung untuk berselingkuh?

Para peneliti dari University of Missouri menemukan bahwa ada probabilitas tinggi dari pengguna Twitter aktif untuk terlibat dalam suatu perselisihan dengan pasangan mereka dan pada akhirnya mengakibatkan perselingkuhan. Studi ini telah dipublikasikan dalam jurnal online Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking.

Jadi apa yang telah metodologi libatkan dalam penelitian ini? 581 pengguna Twitter menanggapi pertanyaan tentang frekuensi mereka tweeting, membalas tweet, melihat timeline Twitter dan menggunakan pesan langsung. Ditemukan bahwa jumlah pemakaian Twitter memiliki hubungan yang berbanding lurus dengan jumlah perselisihan dalam hubungan yang timbul karena penggunaan Twitter. Dan tidak heran, juga – aku tahu bahwa aku akan benci jika pacarku menghabiskan waktu kami bersama-sama yang terbatas ini dengan sibuk memeriksa feed Twitter-nya. Seorang penulis penelitian, Russell B. Clayton, menyatakan bahwa “masuk akal untuk berspekulasi bahwa konflik (berkaitan dengan Twitter) dapat menyebabkan hasil hubungan yang tidak menguntungkan seperti perselingkuhan, putus, atau perceraian”.

business-people-boxing-fighting-hplead
(Credits)

Mungkin konflik yang berkaitan dengan Twitter berbeda dari konflik jenis lain (pertengkaran karena tugas rumah tangga, misalnya) pengguna aktif Twitter cenderung menganggap akun mereka sebagai ekstensi diri. Kemampuan untuk menyuarakan pendapat secara bebas tanpa adanya konfrontasi di kehidupan dan waktu nyata memungkinkan pengguna aktif Twitter mengembangkan hubungan personal dengan akun mereka. Ini artinya pengguna Twitter dapat dengan mudah menafsirkan argumentasi atas penggunaan Twitter mereka sebagai serangan pribadi, dan karena itu, konflik yang berkaitan dengan Twitter memicu ganjalan emosional yang mendalam di antara pasangan. Perasaan menjadi korban dan  kesalahpahaman menghasilkan para pengguna sosmed ini beralih ke perselingkuhan guna memuaskan kebutuhan mereka untuk diterima oleh pasangannya.

Rupanya, fenomena ini tidak hanya terbatas pada Twitter: Clayton juga menemukan sebelum ini bahwa konflik yang berhubungan dengan Facebook juga dapat menyebabkan perselingkuhan. Namun, aturannya berlaku secara umum pada hubungan yang lebih pendek dari tiga tahun. Studi baru ini menemukan bahwa konflik yang terkait dengan Twitter mengarah ke perselingkuhan tidak peduli berapa lamanya hubungan.

r63ansczvyygy_lzpudoyyxxxl4j3hpexhjnof_p3ymrypkwj94qgrtdb3sbc6ky
(Credits)

Meskipun begitu, bagi yang sudah berpacaran dengan pecandu sosial media, tenanglah lebih dulu: Karena penelitian ini terutama melibatkan surveyer melalui halaman Twitter Clayton dan The Huffington Post, ukuran sampel mungkin bukan representasi yang akurat dari masyarakat umum. Hal ini pada dasarnya lebih condong pada follower kedua akun tersebut.

Selain itu, Clayton juga mengatakan bahwa “beberapa pasangan berbagi akun jejaring sosial bersama untuk mengurangi konflik hubungan”. Yang mungkin menjadi pilihan tepat bagimu jika kamu ingin mencegah konflik yang bisa menyebabkan perselingkuhan.

assitants-counter
(Credits)

Pilihan parfum pasanganmu mungkin bisa berhubungan dengan kecenderungannya untuk berselingkuh.

Hati-hati jika pacar pria/ suamimu memakai cologne wood yang ringan atau jika pacar wanita/ istrimu memakai parfum yang berani. Sebuah survei yang dilakukan oleh Gleedon, sebuah situs kencan Eropa bagi mereka yang mencari teman perselingkuhan, menemukan bahwa terhitung laki-laki yang berselingkuh memakai Yves Saint Laurent L’Homme, One Million Paco Rabanne, dan Chanel Bleu diantara parfum favorit mereka. Perempuan yang suka berselingkuh memilih wewangian seperti Shalimar by Guerlain, Coco Mademoiselle by Chanel, Hypnotic Poison by Dior, Very Irresistible by Givenchy, dan La Petite Robe Noire by Guerlain.

Meskipun beberapa dari parfum tersebut memiliki aroma yang memang populer, bisa juga bahwa pria yang cenderung berselingkuh lebih condong ke arah menggambarkan citra yang lebih tepat dari diri mereka sendiri. Setelah semua itu, tukang selingkuh sering lebih sadar imej daripada kebanyakan: mayoritas dari mereka ingin tahu bahwa mereka dipuja dan dipikirkan dengan cara yang positif oleh banyak orang. Jadi secara sadar, para pria ini tertarik pada wewangian yang tidak terlalu berat dan musky dari yang lain. Wanita yang cenderung berselingkuh, di sisi lain, mungkin secara alami bersandar ke arah aroma yang lebih pekat dan menggoda karena hasrat untuk merasakan ketertarikan dan provokatif secara seksual.

coding_shots_annual_plan_high_res-5
(Credits)

Apakah suamimu bekerja di bidang teknik? Ini mungkin berarti dia lebih cenderung untuk berselingkuh.

Apakah ini mengejutkanmu sebesar hal ini mengejutkan diriku? Siapa yang menyangka seorang ahli komputer kutu buku akan menjadi yang paling tidak setia? Sejauh profesi berjalan, Teknologi Informasi dan teknik bukanlah yang paling seksi. Namun menurut sebuah studi 2012 Ashley Madison, di mana lebih dari 11.000 ayah dengan akun Ashley Madison disurvei, pria menikah dari bidang IT dan teknik membuat persentase 10,6% dari yang berselingkuh.

Tidak jelas mengapa hal ini terjadi, tapi spekulasi termasuk bahwa orang yang bekerja di bidang teknologi relatif lebih terbuka dengan ide awal berselingkuh pada situs kencan perselingkuhan online, sementara yang lain mungkin lebih suka metode yang lebih tradisional menemukan seseorang untuk diajak berhubungan. Bekerja di bidang teknik mungkin juga dapat menghalangi para ahli teknik untuk membahas pekerjaan mereka dengan pasangannya secara lebih rinci dan spesifik. Rasa frustasi karena kesenjangan komunikasi dalam hubungan itu sendiri dapat mendorong perselingkuhan.

Cheating his wife, young men chatting with his mistress while his wife sleeps; Shutterstock ID 111366542; PO: The Huffington Post; Job: The Huffington Post; Client: The Huffington Post; Other: The Huffington Post

Cheating his wife, young men chatting with his mistress while his wife sleeps; Shutterstock ID 111366542; PO: The Huffington Post; Job: The Huffington Post; Client: The Huffington Post; Other: The Huffington Post

(Credits)

Meskipun penelitian tersebut mengklaim telah menemukan bahwa beberapa jenis orang tertentu lebih cenderung untuk berselingkuh daripada yang lain, pada akhirnya, kamu perlu ingat bahwa perselingkuhan tetap merupakan keputusan yang sangat pribadi. Apapun karakteristik pada diri seseorang yang membuatnya lebih cenderung untuk berselingkuh, kesimpulannya dia yang harus membuat keputusan akhir untuk menyakiti seseorang melalui perselingkuhan atau tidak. Jadi, tidak ada cara yang benar-benar instan untuk mengetahui apakah pasanganmu akan berkhianat. Selain itu, bahkan tukang selingkuh kronis pun bisa berubah, jika mereka dalam hubungan yang benar (meskipun, saya tidak mendukung membuat sebuah hubungan dengan tujuan akhir mengkoreksi perilaku selingkuh pasanganmu – Kamu hanya akan membuat dirimu patah hati dan kecewa). Oleh karena itu, ambillah hasil dari studi ini hanya untuk wawasan saja. Pada suatu hari, jika pasanganmu memang berselingkuh, jangan salahkan dirimu karena tidak melihat “tanda-tanda” tersebut sebelumnya – tidak  ada cara lain yang kamu miliki.

Recent Posts

Leave a Comment